Mengenal Instagram Analytics dan Cara Memakainya

instagram analytic

Apakah kamu penasaran mengenai demografi orang-orang yang melihat konten di akun instagram milik sendiri? Jika masih menggunakan akun personal, cara yang paling mudah adalah memakai instagram analytics. Tool ini berfungsi memberikan gambaran dan analisis mengenai sebuah konten termasuk story dan akun. Informasi tersebut menunjukkan sebaran pengikut, viewer, dan engagement. Pemilik akun sengaja memakai tool ini untuk melakukan optimasi konten serta menjangkau lebih banyak target viewer dan followers. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai topik tersebut, simak penjelasan berikut ini.

Lebih Lanjut Tentang Instagram Analytics

  • Apa itu instagram analytics?

Secara singkat instagram analytics merupakan tool untuk melakukan analisis konten di social media instagram. Perlu kamu ketahui, ada dua tipe tool yaitu fitur langsung di instagram bernama Insights dan layanan dari pihak ketiga. Jika akun milikmu adalah tipe bisnis, tool analisis tersebut pasti tersedia secara otomatis. Akan tetapi, fitur ini tidak ada di akun personal sehingga pengguna perlu memakai layanan dan platform dari pihak lain.

Kamu mungkin heran mengapa akun harus memakai tool seperti itu. Jawabannya ada pada penggunaan social media instagram yang kini semakin meluas. User bukan sekedar share foto dan video. Mereka memiliki tujuan lain misalnya marketing, promosi, kampanye, endorse, dan bisnis. Jika hanya memakai cara biasa, akun akan tampak kurang profesional. Akan tetapi, mereka perlu tool khusus sehingga mampu mengarahkan konten dengan baik. Prinsipnya mirip seperti iklan dan berjualan. Kamu perlu mengetahui target konsumen, situasi pasar, trend, dan apapun yang berguna bagi pertumbuhan bisnis.

  • Cara kerja fitur analisis di instagram

Pembahasan selanjutnya adalah cara kerja instagram analytics. Secara sederhana, tool tersebut akan menampilkan data mengenai apapun yang terkait suatu konten dan akun. Misalnya, kamu menggunakan Insight untuk bisnis. Informasi tersedia secara langsung dalam bentuk angka dan diagram. Instagram sepertinya menampilkan apapun yang terkait dengan akun. Kamu tidak perlu mengerti semua data tetapi hanya yang memang penting. Selanjutnya, informasi menunjukkan gambaran situasi tertentu terutama saat akun sudah beralih ke tipe bisnis.

Tool dari pihak ketiga juga melakukan hal yang sama. Akan tetapi, cara kerjanya harus terintegrasi dengan akun tersebut. Artinya,  kamu memberikan akses langsung untuk melakukan analisis konten. Karena sangat rentan dan sensitif, kamu sebaiknya menggunakan tool yang berbayar karena dijamin privasi. Disisi lain, fitur juga lebih lengkap dan mampu menjelaskan secara detail bahkan juga dilengkapi solusi tertentu.

  • Optimasi konten

Optimasi konten merupakan tujuan lain penggunaan instagram analytics. Beberapa akun milik pribadi sengaja dipersiapkan agar menjadi influencer. Pemilik membuat konten video dan foto dengan tema tertentu. Akun mengalami pertumbuhan pesat karena mampu menargetkan pengguna dan pengikut yang tepat. Mereka melakukan hal tersebut karena memiliki tool yang khusus menganalisis situasi dan data penting.

Situasi tertentu juga menjadi alasan mengapa menggunakan tool analisis. Misalnya, bisnis mengalami pertumbuhan signifikan dengan banyak views dan like hingga penjualan melebihi target. Akan tetapi, situasi masih stagnan di bulan berikutnya. Pemilik akun sudah melakukan cara yang sama dan hasilnya tidak mengalami pertumbuhan. Di situasi seperti ini, informasi terbaru sangat penting serta harus akurat. Tool analisis memberikan semua yang dibutuhkan sehingga mampu membuat strategi yang tepat.

Dari apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu bisa menyadari bahwa instagram analytics memiliki fungsi yang penting. Akun di social media membutuhkan pengelolaan profesional. Konten juga disesuaikan dengan situasi, target, tema, dan pencapaian yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan